Sabtu, 26 Maret 2016

Home Sweet Home



Tak terasa saat ini aku sudah semester 6. Ya, kurang lebih sudah 3 tahun aku menjadi anak kosan. Untuk anak kosan seperti aku ini, hari jumat adalah hari yang paling ditunggu-tunggu. Bagaimana tidak? Hari jumat adalah waktu dimana secara fisik akhirnya aku bisa bertemu dengan keluarga. Bahkan tak jarang, baru saja sampai kosan rasanya sudah kangen rumah lagi. mungkin perasaanku ini tak jauh berbeda dengan anak kosan lainnya hehe
 
Ketika weekend sudah di depan mata, tentu bukan aku saja yang semangat untuk pulang. Jadi jangan heran jika jalanan berubah menjadi ganas ketika pulang bersamaan dengan orang-orang yang baru pulang kerja.
Tempat yang menjadi paling ganas menurut aku saat itu adalah halte TJ dan stasiun. Tapi inilah perjuangan, untuk bisa bertemu dengan orang terkasih di tempat terindah bernama rumah memang tidaklah murah harganya. Harga berdesak-desakkan dan antrian panjang mungkin cukup bisa membayarnya.

Anyway aku ini anak Bogor jadi untuk sampai ke rumah aku memiliki rute dan kendaraanya sendiri. Let’s check it out!


1.      1.
Bis TransJakarta 
Dari kampus timur UNJ aku berjalan menuju halte velodrome. Seolah-olah sedang menguji kesabaran para penumpangnya serta ingin melatih seberapa kuat kami menunggu, bus TJ yang begitu  diharapkan kedatangannya sering begitu lama. Apalagi ketika jam pulang kerja. Mungkin kamu lebih tahu? Hehe
Belum lagi di halte seribu tahun “Matraman” rasanya bersyukur sekali jika bisa memperoleh peluang bisa lewat tanpa harus merasakan lampu merahnya terlebih dahulu.
2.      2.
Kereta Commuter Line
Satu pembelajaran yang kuperoleh setelah 3 tahun terakhir ini begitu dekat dengan kendaraan satu ini. “Salah satu cara mensyukuri umur kita yang masih muda adalah kita harus bisa merelakan tempat duduk kita untuk orang yang lebih membutuhkan meskipun kamu bukan duduk di tempat prioritas”
Kerasnya kendaraan ini sudah menjadi rahasia umum. Berdiri dari manggarai sampai bogor tidaklah aneh lagi. Tapi jika adik dirumah sudah sms “kaka udah sampe mana?” itu rasanya benar-benar aku ingin cepat-cepat sampai rumah. Meskipun sebenarnya kalau di rumah ga jarang berantem hehe. Tapi itulah saudara, “Jauh dikangenin deket dijahilin” kita semua pun tahu itu hehe

3.      3.
Angkutan Umum
Setelah kurang lebih 1,5 jam di dalam kereta, aku harus naik angkot lagi kenyataan pahit yang harus diterima adalah kalau belum penuh, ini angkot belum mau berangkat.
Pelajaran lagi nih, HARUS SABAR

4.      4.
Jalan Kaki
Setelah selesai dengan kendaraan, selanjutnya aku harus berjalan di atas kakiku sendiri. Karena aku biasa berangkat dari kampus sore atau setelah maghrib, maka dari itu meski matahari sudah berganti bulan, aku tetap menyusuri jalan malam-malam. Be brave hehe

Setelah 4 tahapan ini aku lalui, aku pun bisa kembali mencium tangan dan pipi orang tuaku dengan penuh cinta. Melihat senyum mereka di bawah atap yang sama.
 
Setelah menjadi anak kosan, rumah sederhana ini aku nobatkan menjadi tempat terindah bagiku. 20 tahun sudah aku mengukir kisahku disini. Kehangatan di dalamnya yang tak kurasakan dimanapun membuatku begitu mudah umtuk merindukan semua hal yang telah terjadi di tempat ini. 

Sekian
  

10 komentar:

  1. Rumah memang menjadi tempat yang selalu dirindukan. Perjuangan kamu sampai rumah lumayan juga, ya. Tapi semua pasti terbayar lunas ketika sudah menatap mata orang-orang tersayang. Semangat, ya! Sama-sama pejuang semester 6, nih. Hehehe.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Waah aku kira kamu kaka tingkat hehe :)

      Iya tiwi, terbayar lunas banget kalau udah di rumah hehe

      Hapus
  2. Kebayang pas udah sampai rumah tuh begitu leganya. Masih asik kak segaknya akhir pekan bisa ketemu keluarga. Daqu yang juga anak kosan harus menempuh satu semester dulu baru bisa ketemu, pulkam sangat berharga muahmuah.
    *eh jadi curcol wkwk

    BalasHapus
    Balasan
    1. Waah marisa kamu anak rantau ya pastii?
      Dimana kamu kampung halamannya?

      Hapus
  3. Gile-gile sampai empat tahpan ggitub biar sampai rumah.. Salu buat perjuangannya! Ambil hikmahnya yaaaaa... Kamu pasti dilatih buat sabar Dan tahan banting

    BalasHapus
  4. Iya ka gia aku jadi terharu sendiri :')

    BalasHapus
  5. Iya ka gia aku jadi terharu sendiri :')

    BalasHapus
  6. bikin teleport aja biar cepet sampe rumah :D hehehe.... good job...

    BalasHapus
  7. Gue juga dalam sebulan kurang lebih enem kali menggunakan cl. Dia emang si ontime tapi kalo lagi kendala di pasmig pasti bisa berjam jam...


    Transjakarta juga nyebelin.... Knapa engga naek ojek online aja. Kalo naek tj kata temen temen gue bawaan nya pengen bunuh diri aja...

    BalasHapus